Pages

Kamis, 26 April 2012

Proses pembuatan besi

Proses atau cara pembuatan besi membutuhkan persiapan yang matang supaya pada saat proses pembuatan besi berjalan dengan sempurna. Berikut tahapan proses pembuatan besi :
  
Pembuatan cetakan ( pattern maker )
Cetakan harus dibuat sepresisi mungkin untuk menghindari cross join, jangan lupa di tambahkan penyusutan ( tiap - tiap material besi berbeda tingkat penyusutannya ).

Persiapan pasir cetakan
Pasir harus dalam kondisi bersih, setelah cetakan terbentuk di pasir jangan sampai ada erosi kedalam supaya hasilnya mulus.

Persiapan dan peleburan logam
Proses ini membutuhkan ketelitian disesuaikan dengan jenis - jenis besi yang akan di cetak.

Proses logam cair ke dalam cetakan
Tuangkan cairan logam kedalam cetakan, diusahakan jangan terlalu luber supaya tidak terjadi sirip yang terlalu banyak.

Produk pengecoran disebut coran atau benda cor. Berat coran itu sendiri berbeda, mulai dari beberapa ratus gram sampai beberapa ton dengan komposisi yang berbeda, mulai dari beberapa ratus gram sampai beberapa ton dengan komposisi yang berbeda dan hampir semua logam atau paduan dapat dilebur dan dicor.

Proses pengecoran besi secara garis besar dapat dibedakan dalam proses pengecoran dan proses percetakan. Pada proses pengeceron tidak digunakan tekanan sewaktu mengisi rongga cetakan, sedang pada proses pencetakan logam cair ditekan agar mengisi rongga cetakan. Karena pengisian logam berbeda, cetakan pun berbeda, sehingga pada proses percetakan cetakan umumnya dibuat dari loga. Pada proses pengecoran cetakan biasanya dibuat dari pasir meskipun ada kalanya digunakan pula plaster, lempung, keramik atau bahan tahan api lainnya.