Pages

Senin, 23 April 2012

Cara pembuatan besi

Cara pembuatan Besi. Ada 2 tahap untuk pembuatan jenis- jenis besi, yaitu peleburan yang bertujuan untuk mereduksi biji besi sehingga menjadi besi dan peleburan ulang yang berguna dalam pembuatan jenis - jenis baja.Peleburan besi dilakukan dalam suatu tanur tiup (blast furnance). Tanur tiup adalah suatu bangunan yang tingginya sekitar 30 meter dan punya diameter sekitar 8 meter yang terbuat dari baja tahan karat yang dilapisi dengan bata tahan panas. Zat reduksi yang digunakan adalah karbon dengan prinsip reaksi: 2FeO3 + 3C 4Fe + 3CO2.

Bahan yang dimasukkan dalam tanur ada 3 macam jenis material besi  :
  1. Bijih besi
  2. Karbon (kokas )sebagai zat pereduksi
  3. Batu kapur (CaCo3) untuk mengikat kotoran pasir ( fluks )
Suhu dalam reaksi tersebut sangat tinggi sehingga  besi mencair dan disebut besi gubal (pig iron) .Besi cair pada umumnya langsung diproses untuk membuat baja. Tetapi, juga dialirkan ke dalam cetakan untuk membuat besi tuang (cast iron) yang mengandung 3-4 % karbon dan sedikit pengotor lain seperti Mn, Si, P. Besi yang mengandung karbon sangat rendah (0,005-0,2%) disebut besi tempa (wrought iron).
Batu kapur berfungsi sebagai fluks, yaitu untuk mengikat pengotor yang bersifat asam, seperti SiO2 membentuk terak. Reaksi pembentukan terak adalah sebagai berikut.Mula mula batu kapur terurai membentuk kalsium oksida (CaO) dan karbondioksida(CO2). CaCO3(s) CaO(s) + CO2(g) Kalsium oksida kemudian bereaksi dengan pasir membentuk kalsium silikat, komponen utama dalam terak. CaO(s) + Si O2(s) CaSiO3(l) Terak ini mengapung di atas massa jenis besi cair dan harus dikeluarkan dalam selang waktu tertentu.